Perencanaan & Pengembangan Bisnis

142 STUDENTS ENROLLED
  • Profile photo of Ami Prasetia
  • Profile photo of admin
  • Profile photo of Tegar
  • Profile photo of Novi Anggraeni
  • Profile photo of Dinda
  • Profile photo of afi rohmina

Banyak orang yang berpikir bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu menghasilkan keuntungan. Padahal, bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu berkembang. Tentu saja mengembangkan bisnis tidaklah mudah. Ada banyak risiko yang dihadapi jika memutuskan untuk mengembangkan usaha. Tidak jarang risiko tersebut malah membuat bisnis gagal berkembang, melainkan mengalami kemunduran. Namun, tidak perlu takut dengan risiko itu. Kemunduran bahkan kegagalan adalah hal yang wajar dalam melakoni bisnis. Yang terpenting adalah bagaimana bertindak untuk mengatasi kegagalan tersebut sehingga bisnis bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Kunci keberhasilan mengembangkan usaha terletak pada perencanaan. Oleh karena itu, perencanaan dan pengembangan bisnis adalah dua hal yang harus ditempuh demi membawa usaha ke arah yang lebih baik.

Secara umum, pengertian pengembangan bisnis meliputi proses yang harus dijalani demi memajukan usaha yang sedang dijalankan. Proses mengembangkan usaha sendiri beragam. Ada yang mengembangkan bisnis dari segi modal. Ada pula yang mengembangkan keterampilan berwirausaha. Ada yang memilih meningkatkan penjualan guna menambah keuntungan perusahaan. Beragam cara mengembangkan usaha tidak akan terealisasi dengan baik tanpa diserta perencanaan yang matang. Sehingga, perencanaan dan pengembangan usaha adalah kombinasi yang harus diterapkan demi meningkatkan penjualan produk.

Ada banyak tahap yang harus ditempuh dalam merancang rencana dan strategi pengembangan bisnis. Mulailah dengan mendeskripsikan bisnis yang digeluti dengan jelas. Berikan gambaran usaha secara konkret, meliputi pemaparan bidang usaha, produk yang dipasarkan, harga produk, keunggulan dan kekurangan produk, target pemasaran, dan mekanisme kerja di perusahaan. Selain itu, jelaskan pula visi dan misi perusahaan. Sampaikan target yang realistis dari usaha yang sedang dijalani. Deskripsi usaha yang jelas menjadi nilai tambah bagi konsumen. Selain itu, usaha yang jelas latar belakangnya menambah kepercayaan konsumen untuk berinvestasi pada produk tersebut.

Tahap selanjutnya yang bisa ditempuh untuk merencanakan strategi pengembangan bisnis adalah melakukan analisa pasar. Analisa pasar adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik usaha untuk mengetahui persaingan usaha di bidang yang sama. Analisa pasar dapat dilakukan dengan mencari tahu keunggulan dan kekurangan dari pesaing bisnis. Selain itu, pelajari tentang pengalaman kesuksesan para pemilik usaha yang bergerak di bidang yang sama. Hasil dari analisa pasar akan menjadi bekal untuk merancang strategi pengembangan bisnis yang tepat.

Pengertian strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang tepat adalah strategi yang mampu menggambarkan seberapa besar potensi yang dimiliki oleh bisnis dan memprediksi seberapa besar keuntungan yang dapat dihasilkan. Strategi pengambangan bisnis harus dirancang secara lengkap. Hal-hal yang harus ada di dalam strategi pengembangan bisnis meliputi pemilihan lokasi bisnis dan target pasar, prediksi modal yang dibutuhkan dan waktu untuk meraih keuntungan, dan menentukan strategi pemasaran. Sebenarnya, strategi pemasaran memegang pengaruh penting dalam pengembangan bisnis. Strategi pemasaran meliputi bagaimana cara mempromosikan produk untuk meningkatkan konsumen. Pilihlah cara promosi produk yang dijamin menjaring banyak konsumen, seperti berpromosi secara online melalui KUDO.

 

Selamat belajar…

Course Reviews

N.A

ratings
  • 1 stars0
  • 2 stars0
  • 3 stars0
  • 4 stars0
  • 5 stars0

No Reviews found for this course.

TAKE THIS COURSE
  • FREE
  • 90 Days

Cari Program

Paling Baru

X