1 STUDENTS ENROLLED
  • Profile photo of Ami Prasetia

Reaksi kimia berlangsung dengan laju yang berbeda-beda. Ada reaksi yang cepat, misalnya pembakaran kertas, adapula yang lambat, misalnya perkaratan logam. Dalam bidang industri kimia, pengetahuan mengenai laju rekasi sangat penting dalam penentuan kondisi yang diperlukan untuk membuat suatu produk secara cepaat dan ekonomis.

Agar suatu reaksi berlangsung, partikel-partikel (atom-atom atau molekul) dari zat yang bereaksi harus bertumbukan satu dengan yang lain, akan tetapi tidak semua tumbukan antar partikel itu efektif (membuahkan hasil). Ketika dua partikel saling mendekat, elektron terluar dari kedua partikel tersebut menimbulkan gaya tolak menolak dan memperlambat gerakan partikel. Jika kedua partikel itu memiliki sedikit energi kinetik, maka mereka akan berhenti sebelum sempat bersentuhan. Sebaliknya jika kedua pertikel itu cukup banyak energi kinetiknya, maka elektron terluar saling menembus dan berpenetrasi yang menyebabkan perombakan ikatan , ada ikatan yang terputus dan ada ikatan yang terbentuk. Jadi suatu reaksi akan terjadi apabila partikel yang bertumbukan mempunyai energi kinetik yang cukup.

Energi kinetik minimum yang harus dimiliki atau harus diberikan kepada partikel agar tumbukan mereka menghasilkan reaksi disebut energi pengangktifan (energi aktivasi), dengan lambang Ea. Makin kecil (rendah) harga Ea, makin mudah suaatu reaksi terjadi, sehingga makin cepat reaksi berlangsung.

Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi atau hasil reaksi dalam satuan waktu.

Misalnya : Reaksi

A(g/aq )  +  B(g/aq )     ————  C(g/aq )

Maka  : υA  =  _ Δ[ A ]  ,    υC  =   Δ[ C ]

Δt                        Δ t

υB  =  _ Δ[ B ]

Δ t

Dengan     υi    = laju reaksi zat i

Δ[ i ]  = perubahan konsentrasi zat i

Δ t      = selisih atau perubahan waktu

Disarankan agar menonton videonya dengan seksama dan secara keseluruhan. Agar tidak ada penjelasan yang terlewatkan.

 

Selamat belajar….

 

Course Reviews

N.A

ratings
  • 1 stars0
  • 2 stars0
  • 3 stars0
  • 4 stars0
  • 5 stars0

No Reviews found for this course.

TAKE THIS COURSE
  • FREE
  • 90 Days

Cari Program

Paling Baru

X